Jumat, 17 Agustus 2012

IDUL FITRI 2012

  Idul fitri, hari raya bagi kamu yang beragama islam. pulang mudik, baju baru, kue kering, ketupat dan opor adalah hal yang wajib untuk sebagian besar orang yang merayakannya, dan yang insya allah akan kita rayakan esok hari tanggal 19 Agustus 2012.
  1. MUDIK
Mereka yang hidup diperkotaan biasanya pulang kekampung halaman pas mendekati lebaran, ini namanya mudik. Tapi apakah harus? ya gak lah.... gak pernah ada kata mudik, pulang kampung atau apapun itu istilahnya dalam al-quran atau alhadist. Berarti mudik adalah adat istiadat, dan selama adat tersebut tidak melanggar syariat maka hukumnya boleh.
Mudik yang hukumnya mubah/boleh juga bisa jadi sunnah, kalau diniatkan untuk silatur rohmi....Rosulullah bersabda, "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya ia menyambung silatur rohmi".
Tapi yang perlu diperhatikan adalah, bahwa Allah tidak suka kepada hambanya yang memaksakan diri, maksudnya adalah sebenarnya dia tidak mampu untuk mudik (fisik atau materi) tapi memaksakan dirinya, sampai-sampai membawa mudlorrot atu bahaya untuk diri sendiri atau orang lain.
   2. BAJU BARU
Wah kalau yang ini, aku gak pernah gak punya....dari mulai krudung, peci, baju, sarung, sepatu, tas, dan aksesoris semua harus baru, hukum nya sih sunnah menggunakan pakaian baru waktu hari raya, selain sebagai syiar agama islam, juga sebagai perwujudan kembalinya kita menjadi manusia yang baru setelah melaksanakan puasa romadlon selama satu bulan. Tapi seperti mudik, Allah juga gak suka hamba yang memaksakan dirinya, apalagi sampi harus mengambil hak orang lain untuk sekedar tampil necis pas lebaran.
Dan yang lebih pentingnya adalah
" Laysa al-id man labisa al-jadid * wa lakinna al-id man imanuhu yazid"
Artinya: Hari raya bukan lah orang yang memakai baju baru * tapi hari raya adalah yang imanya bertambah.

2.KUE KERING, KETUPAT DAN OPOR
Tiga jenis makanan ini biasanya selalu ada di meja sebagai suguhan untuk hari raya, hukumnya juga sunnah karna termasuk ikromuddloif (memulyakan tamu). Beda hukum jika memaksakan diri.....



//Intinya adalah kebiasaan kita yang tidak melanggar syariat bisa mendatangkan pahala, asalkan diniatkan dengan yang baik-baik

2 komentar: