Minggu, 18 November 2012

Syair cinta Robi'ah Adawiyah


كان يوم من الايام جاء سفيان الثوري ا لى ربيعة العدوية زائرا لها وقال لها

" يا ربيعة اْخبرني عن حقيقة عبادتك لله تعالى"

"يا سفيان انا ما عبدت ربي طمعا لجنته و لا نعيمه ولا عبدته خوفا من ناره وانما عبدت ربي حبا له وشوقا اليه"

" يا ربيعه ما هو الحب وما هو الشوق ؟ "

" الحب هو علاقة القلب من شخص الى شخص اْخر و اما الشوق فرحلة الحبيب الى المحبوب ولم يشفع الا بلقائه "

ثم انشدت ربيعة....


لو كان حبك صادقا لاْطعته # ان المحب لمن يحب مطيع

يا حبيب القلب ما لي سوا ك # فارحم اليوم مذنبا قد اتاك

يا راحتي و سروري و محبتي # قد اْبى قلبي ان يحب سواك

ليس لي راحة ولا لي شفاء # من سقمي الا بوصل الحبيب

اْحبك حبين حب الهوى # وحب لاْنك اْهل لذا ك

فاْما الذى هو حب الهوى # فشغلي بذكرك عمن سوا ك

واْما الذى اْنت أهل له # فكشفك لي الحجوب حتى اْرا ك



Suatu hari Sufyan Asstauri mengunjungi Rabiah Adawiyah, beliau berkata “hai Rabiah beritahulah aku hakikat ibadahmu kepada Allah”

“aku tidak menyembah kepada Allah karena inginkan syurga dan kenikmatannya aku juga tidak menyembah Allah karena takut neraka, aku hanya menyembah tuhanku karena cinta dan rindu kepadaNya”

“hai Rabiah apa itu cinta dan apa itu rindu?”

“cinta adalah bergantungnya hati dari satu orang ke orang lain sedangkan rindu adalah perjalanan orang yang mencintai kepada kekasihnya dan tidak akan selesai kecuali dengan bertemu”

Kemudian Rabiah bersyair:

andai cintamu benar maka kau kan mentaatinya # karena orang yang mencintai taat pada kekasihnya

wahai kekasih hati tak ada yang lain selain dirimu # maka rahmatilah pada hari orang yang berdosa ini datang padamu

wahai kesenangan, kebahagiaan dan cintaku #hati ini menolak untuk mencintai selainmu

aku tak memiliki kesenangan dan kesembuhan # dari penyakitku kecuali bertemu kekasih

aku mencintaimu dengan dua cinta # cinta karena nafsu dan cinta karena kau pantas untuk di cinta

adapun cintaku karena nafsu # maka aku selalu sibuk menyebutmu dari yang lain

adapun cinta karena kau memang pantas dicinta # maka bukalah hijabku hingga aku bias melihatmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar